Selasa, 31 Agustus 2010

Hatshepsut, Firaun Perempuan yang Menyaru Laki-Laki

Keluar dari Lembah Raja, kami memutuskan untuk mengunjungi situs Kuil Hatshepsut. Inilah kuil yang dibangun Firaun perempuan dalam era Kerajaan Mesir kuno pada abad 15 SM. Lokasinya di balik bukit yang mengelilingi Lembah Raja.

Sebenarnya masih ada sejumlah situs menarik lainnya di Luxor. Sayang, kami harus segera melanjutkan perjalanan menyusuri Sungai Nil lebih ke utara. Dengan demikian, Kuil Hatshepsut menjadi situs terakhir yang kami kunjungi di bekas ibu kota New Kingdom itu.

Keluar dari Valley of The King, hari sudah menjelang sore. Karena itu, kami agak tergesa-gesa menuju Kuil Hatshepsut. Sebab, jika terlalu sore, kami akan kehilangan momentum cahaya matahari untuk memotretnya. Lantaran tergesa-gesa, kami jadi keliru jalan.

Tapi, kekeliruan itu justru membuat kami menemukan dua patung raksasa dari zaman Amenhotep III yang eksotis. Dua patung yang sudah rusak wajahnya tersebut konon berada di pintu gerbang kuil yang dibangun Amenhotep III dari zaman Firaun tiga generasi setelah Hatshepsut. Situs itu kini sedang digali kembali.

Setelah mengambil gambar beberapa objek, kami menuju Kuil Hatshepsut yang ternyata tidak jauh dari dua patung Colossi of Memnon itu. Lokasinya benar-benar eksotis. Kuil yang pernah ditempati para biarawan Kristen pada awal-awal tahun Masehi tersebut menempel di dinding tebing yang curam.

Jadi, separo bangunannya dipahatkan ke bukit, separo lagi disusun dari bebatuan kapur yang juga diambil dari bukit-bukit di sekitarnya. Kalangan Kristen menyebut kuil itu sebagai Deir El Bahri alias biara di pinggir sungai besar, yakni Sungai Nil.

Halaman kuil itu demikian luas, sehingga untuk menuju pintu gerbangnya perlu menggunakan kereta ulang-alik seperti di Lembah Raja. Tempat parkirnya bisa menampung ratusan mobil peziarah. Di pinggiran kawasan parkiran itu terdapat pokok-pokok kayu Myrh alias pohon kemenyan yang pada zaman Firaun dulu berjajar rimbun. Pohon kemenyan tersebut didatangkan dari negeri Somalia yang dulu menjadi partner perdagangan Hatshepsut. Tapi, kini pohon-pohon itu sudah tidak ada, sehingga suasananya menjadi demikian terik.

Di bagian tengah lapangan luas tersebut ada jalan utama yang mengantarkan ke gedung kuil bertingkat tiga itu. Di sepanjang jalan utama terdapat bekas-bekas patung singa berkepala domba sebagaimana terdapat di Kuil Karnak. Menyusuri jalan itu, pengunjung akan sampai ke jalanan naik untuk menuju ke lapangan yang lebih tinggi dan luas. Semacam teras utama, sebelum memasuki kuil yang sesungguhnya.

Dari teras utama, untuk menuju kuil peribadatannya, pengunjung harus naik satu tingkat lagi melewati jalan mendaki yang lebar. Di pilar-pilar penyangga kuil itu, Hatshepsut membuat berbagai ornamen yang menggambarkan dirinya sebagai anak Tuhan.

Sementara itu, di sebelah kanan jalan utama, ada gambar seorang bayi yang baru dilahirkan oleh Dewi Neith, sang Dewi Perang. Tampaknya, Hatshepsut ingin mencitrakan dirinya sebagai sosok perempuan yang kuat, sehingga pantas menjadi Firaun.

Lebih ke kanan, di bagian ujung, terdapat ruangan Anubis yang berisi gambar-gambar mural berwarna-warni di dinding-dindingnya. Mural itu bercerita tentang Firaun Tuthmosis III yang sedang melakukan persembahan kepada Dewa Matahari, Ra Harakhty. Tuthmosis III adalah anak tiri Hatshepsut, yang semestinya berhak atas kekuasaan kerajaan tapi direbut oleh Hatshepsut.

Suami Hatshepsut adalah Tuthmosis II. Dia mempunyai istri Neferu Ra sebagai permaisuri dan memiliki anak yang kelak menjadi Tuthmosis III. Sedangkan Hatshepsut adalah selir. Ketika Tuthmosis II meninggal, otomatis kekuasaan kerajaan jatuh ke tangan Tuthmosis III. Dia pun dilantik menjadi Firaun pada 1476 SM.

Namun, saat itu dia masih kanak-kanak, sehingga kerajaan dikendalikan para menterinya. Hatshepsut lantas merebut kekuasaan Tuthmosis III. Dia kemudian menahbiskan dirinya sebagai Firaun yang berkuasa penuh selama 15 tahun (1473-1458 SM) sebelum akhirnya direbut kembali oleh Tuthmosis III yang melanjutkan kekuasaan sampai meninggal pada 1425 SM.

Selama kekuasaannya, Hatshepsut mencitrakan dirinya sebagai Firaun laki-laki. Karena itu, patung-patung di Kuil Hatshepsut menggambarkan dirinya mengenakan mahkota Firaun bertumpuk dua sebagaimana para Firaun laki-laki. Bahkan, patungnya diberi jenggot panjang, meski bentuk badannya feminin.

Di sebelah kiri Kuil Hatshepsut terdapat dua kuil lain, yaitu Kuil Tuthmosis III dan Kuil Amenhotep II -Firaun yang berkuasa setelah Tuthmosis III. Di ruang bagian paling dalam, ruang peribadatan utama, terdapat patung Dewa Matahari, Amun Ra. Memang, secara keseluruhan, kawasan itu merupakan kompleks kuil tiga generasi Firaun. Yakni, Hatshepsut, Tuthmosis III, dan Amenhotep II.

Tapi, yang masih tegak berdiri dengan kukuh dan paling utuh adalah Kuil Hatshepsut. Meski, saat berkuasa kembali, Tuthmosis III sempat menghancurkan peninggalan Hatshepsut. Karena dendam dikudeta, anak tiri Hatshepsut itu merusak patung-patung ibu tirinya.

Kendati dirusak, para arkeolog berhasil menemukan kembali serpihan-serpihannya sehingga sejumlah patung Hatshep sut bisa direkonstruksi kembali dengan baik. Hasil rekonstruksi itu kemudian ditempatkan di lokasi aslinya, di pilar-pilar bagian depan kuil sebagai Firaun perempuan berjenggot yang mengenakan mahkota Firaun laki-laki.

Kekuasaan Firaun perempuan itu berakhir dengan kematian yang misterius. Ada yang memperkirakan dia dibunuh Tuthmosis III. Muminya sempat tidak teridentifikasi selama bertahun-tahun dan disimpan di gudang Museum Mesir kuno di Kairo.

Sampai akhirnya ada kepastian bahwa mumi itu merupakan mumi Hatshepsut. Kini, mumi Hatshepsut dipajang bersama mumi-mumi Firaun lainnya seperti Ramses II, Seti I, dan Firaun laki-laki lainnya. Tentu saja, mumi Hatshepsut terlihat sebagai mumi perempuan karena sudah tidak mengenakan mahkota double-crown dan tidak berjenggot seperti patung-patungnya.

***

Dari kisah Hatshepsut itu, terbetik pelajaran bahwa perbuatan tidak baik tidak akan pernah melahirkan kebaikan. Kejahatan berbalas kejahatan. Keserakahan akan berbalas keserakahan pula. Juga, kekerasan akan berbalas kekerasan. Allah mengajarkan hukum alam yang telah diciptakan-Nya dengan adil ini kepada umat manusia. Barang siapa berbuat baik, kebaikan itu untuk dirinya sendiri, barang siapa berbuat jahat, balasan atas kejahatan itu pun untuk dirinya sendiri, dan Allah tidak pernah menganiaya hamba-hamba(Nya) (QS 41: 46).

Bahkan, secara tegas, Allah menyatakan bahwa rencana jahat tidak akan ke mana-mana, kecuali akan kembali kepada yang melakukannya. ''Rencana jahat tidak akan menimpa selain orang yang merencanakannya sendiri. Tiadalah yang mereka nanti-nantikan melainkan (berlakunya) hukum (Allah yang telah terjadi) kepada orang-orang yang terdahulu...'' (QS 35: 43). (bersambung/ari)

Koreksi

Dalam laporan ekspedisi kemarin (20/8), ada kesalahan penulisan yang perlu dibetulkan. Pada alenia ke-4 tertulis, ''Merneptah, buah perkawinannya dengan Nefertari.'' Yang benar adalah Nerferati. Nefertari adalah permaisuri Ramses II, sedangkan Nerferati adalah selir Ramses II.

Pada alenia ke-8 tertulis, ''Suku Nubia berhasil merebut kekuasaan Ramses II dan menjadi dinasti ke-25.'' Yang benar ...merebut kekuasaan Firaun...


JELAJAH SUNGAI NIL by AGUS MUSTOFA
JAWA POS, 21 AUGUST 2010
Source : http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=151524

Tidak ada komentar:

Posting Komentar